Skip to main content

Mengintip Hakikat Perbuatan

HAKIKAT PERBUATAN

Merenungi pembahasan Abah Kadri saat di Kantin Sudarso pada Jum'at Malam, 30 Mei 2020. Awalnya Mas Bagus berpikir, apakah keburukan itu timbul dalam hidup sebagai konsekuensi dari perbuatan kita?

Abah Kadri menjawab, iya... bahwa semua perbuatan mempunyai konsekuensi, sekalipun itu perbuatan baik. Pada satu pandangan perbuatan akan menimbulkan balasan setimpal dengan sifat perbuatannya. Sebagai contoh ketika orang mencuri, maka dia akan ditangkap dan dimasukkan dalam penjara. Seandainya perbuatannya itu tidak ketahuan sekalipun, maka dia akan terkena konsekuensi akan mengalami hal yang sama, misalnya kehilangan barangnya didunia. Jika tidak didunia maka perbuatannya akan mendapat ganjaran yang adil di akhirat nanti. Bagitu juga dengan perbuatan baik, maka akan mendapat kebaikan pula di dunia mapun di akhirat nanti, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik perbuatan sama atau kebaikan yang berbeda.

Lalu bagaimana ada perbuatan baik yang bisa mendapat konsekuensi buruk dalam kehidupan manusia? Baca artikel lengkapnya DI SINI.
Mau beli alat musik tradisional Kalimantan?
hubungi: 0898 8566 886 - 0811 5686 886.
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU