Skip to main content

Musik Dalam Persepsi Masyarakat Dayak Kanayatn

Dayak Kanayatn adalah salah satu sub suku Dayak yang kaya dengan keragaman musik tradisional. Masyarakat Dayak Kanayatn memiliki banyak pola tabuh yang dianggap berkaitan dengan adat istiadat dan dianggap sebagai wujud perilaku religius yang dipegang teguh dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu musik Dayak Kanayatn merupakan salah satu pengejawantahan budaya yang di dalamnya terdapat aspek esteti beserta nilai-nilainya dan dianggap penuh makna terkait kehidupan yang dijalani. Mereka menempatkan kesenian (termasuk musik) sebagai hasil penuangan rasa estetis dengan keutuhan pemaknaannya. Semua itu mereka hormati sebagai suatu yang agung dan berharga, yang harus dipertahankan dan diwariskan kembali kepada generasi berikutnya.

Musik Dayak Kanayatn  merupakan bagian penting yang kebanyakan berkaitan dengan upacara adat. Ia tidak hanya mempunyai peranan dalam kehidupan, tetapi mengandung nilai-nilai religius masyarakat sesuai dengan adat dan kepercayaan yang dianut masyarakatnya . Arti penting musik bagi masyarakat Kanayatn  bukan hanya terbatas pada pemenuhan kepuasan estetis (hiburan) dan penggambaran budaya, namun dipercaya mempunyai fungsi, simbol, dan nilai budaya sesuai dengan posisinya sebagai wadah kreativitas dan intelektualitas masyarakat pemiliknya.

“Kedekatan musik dengan masyarakat Dayak Kanayatn dapat dikatakan sebagai wadah apresiatif yang berhubungan dengan kehidupan. Ia merupakan realisasi sebuah konsep perilaku dan pemikiran masyarakat sesuai dengan adat dan tradisi yang berlaku, sehingga segala yang terkandung di dalamnya dilihat sebagai transpormasi nilai kehidupan masyarakat pemiliknya”. 

Arti penting musik Dayak Kanayatn mencakup pengertian proses pengintegrasian unsur-unsur tradisional. Artinya unsur-unsur tradisi dalam kehidupan masyarakat Dayak Kanayatn digambarkan dalam musik tersebut dan dianggap mengandung simbol tertentu sebagai refleksi kehidupan yang dijalani. Ia merupakan pengungkapan ekspresi emosional sesuai dengan lingkup budayanya. Oleh karena itu musik dianggap sebagai ciri sosial dengan berpatokan pada nilai-nilai adat istiadat dimana terdapat sistem pemaknaan bersama. Hal ini karena musik Dayak Kanayatn secara umum merupakan hasil proses sosial. Artinya musik itu lahir dan berkembang dipengaruhi tingkah laku masyarakat secara kolektif sesuai sifat masyarakat pendukungnya.


Mau beli alat musik tradisional Kalimantan?
hubungi: 0898 8566 886 - 0811 5686 886.
Mau Lihat alat musiknya? klik link berikut
LIHAT ALAT MUSIK DAYAK atau LIHAT ALAT MUSIK MELAYU